1. E-Commerce
Definisi menurut komunikasi dan proses
bisnis.
a. Komunikasi adalah pengiriman barang,
jasa,informasi atau pembayaran melalui jaringan komputer/sarana electronik.
b. Proses Bisinis : menjalankan proses bisnis
secara electronik mengganti proses bisnis fisik
Infrastruktur
-
Internet : Jaringan Global
-
Intranet
: jaringan milik perusahaan
-
Extranet : jaringan internet yang menghubungkan
beberapa internet
- B2B
(Business to Business) : penjualan
produk&jasa yang melibatkan beberapa perusahaan (distributor,produsen,konsumen)
Ex :alibaba.com
-
B2C
(Business to Cunsomer) :
interaksi&transaksi antara perusahaan penjual dan para konsumen
- C2C (Consumer to Cunsomer) : model perelagangan yang terjadi antara konsumen dengan
konsumen melalui internet Ex: www.ebay.com , www.tokobagus.com
C2B
(Consumer to business) : bisnis
yang berbasis konsumen ke bisnis, menawarkan produk/layanan keperusahaan. Ex: www.jobster.com , www.surveyscout.com
2. E-Intermediary
Adalah anggota saluran distribusi internet
yang mengumpulkan informasi dan membantu menyalurkan produk kekonsumen. Ex:
iklan yang dipampang dalam web (banner ad)/penjualan bersindikat.
3. E-Retailling
Adalah Perusahaan yang menyelenggaran
penjualan secara online juga mempunyai tokko fisik.
Ex : Toko Gramedia
4. E-Gevornment
Adalah interaksi antara pemerintah &
masyarakat/kepentingan berbagi informasi anatara lembaga pemerintah.
Ex : Pembayaran pajak secara online,
pengurusan akta kelahiran.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar